Tarif TransJakarta Naik untuk Kurangi Subsidi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan menaikan tarif TransJakarta. Kenaikan tersebut karena selama ini subsidi dari pemerintah untuk menekan biaya TransJakarta sangat besar sehingga harus dikurangi.

"Kalau bisa dikurangi (subsidi TransJakarta), nantinya subsidi bisa dialihkan untuk pos yang lain," ujar Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI Jakarta Hendah Sunogroho saat berbincang dengan detikcom, Rabu (6/1/2010).

Hendah menjanjikan kenaikan tarif TransJakarta nantinya juga akan dibarengi dengan perbaikan pelayanan dan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di seluruh koridor Busway.

"Bukan berarti setelah naik terus kita diamkan saja. Pasti akan ada perbaikan, kan sudah ada dana dari subsidi yang ditarik," tambahnya.

Pertimbangan daya beli masyarakat yang semakin tinggi, permintaan yang terus naik menjadi dasar pertimbangan bagi jajaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mempertimbangkan kenaikan tarif tersebut. "Prinsipnya hukum ekonomi tetap berjalan di sini," kata Hendah.

Namun Hendah belum bisa memastikan kapan dan berapa besar kenaikan yang nantinya akan ditetapkan oleh Pemprov DKI. "Soal itu belum, karena kita perlu kajian lagi yang mendalam. Tidak mungkin kita menetapkan sesuatu tanpa dasar dan tanpa kajian dulu," ujar Hendah.


sumber : detik.com

0 komentar:



Posting Komentar