Kloning Organ Jadi Hal Biasa di 2020


Hampir setengah warga Amerika percaya bahwa kloning organ dan stem cell akan menjadi hal yang biasa dan rutin dilakukan di tahun 2020. Setiap tahunnya, ilmu kedokteran berkembang dua kali lipat, jadi tidak mustahil pada dekade mendatang semua penyakit bisa diatasi.

Sebanyak 49 persen dari 2.841 orang yang disurvei secara interaktif mengatakan bahwa stem cell dan kloning organ akan menjadi tren di dekade mendatang. Selain itu, lebih dari sepertiganya mengatakan bahwa di 2020, chip komputer bisa dimasukkan ke tubuh manusia dan akan memonitor segala metabolisme tubuh untuk mendeteksi penyakit lebih cepat.

Hingga kini, dunia kedokteran memang sedang gencar mengembangkan pengobatan dengan teknik stem cell (sel induk) dan kloning organ. Para ahli percaya teknik stem cell akan membawa harapan baru yang lebih menguntungkan dalam mengobati setiap penyakit karena memanfaatkan sel-sel baru yang masih sehat. Namun teknik ini dianggap kontroversial karena menggunakan embrio manusia.

Banyak harapan bagi dunia kesehatan yang dikemukakan partisipan untuk dekade mendatang. Diantaranya, 28 persen orang berharap akan ada teknik pengobatan kanker terampuh yang muncul 10 tahun mendatang yang bisa menyembuhkan kanker hanya dalam waktu singkat.

Seperti dikutip Health24, Kamis (7/1/2010), sebanyak 13 persen partisipan juga berharap akan ada obat yang bisa menambah umur sebanyak 50 hingga 100 tahun.

Mereka juga berharap bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa sebagai hiburan pelepas stres di masa yang akan datang. Mobil terbang dan kendaraan terbang lainnya pun menjadi harapan favorit partisipan yang ingin lepas dari jalanan yang macet dan polusi udara.

Banyak orang yang optimistis tentang perkembangan ilmu pengetahuan di masa yang akan datang. Menurut para ahli, perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran mengalami peningkatan 2 kali lipat setiap tahunnya, jadi bukan hal mustahil jika harapan-harapan orang saat ini menjadi kenyataan.


Sumber : detik.om

0 komentar:



Posting Komentar