Hati-hati! Ada Virus Di File PDF!

Virus memang tak kenal ampun. Bahkan file PDF yang selama ini dikenal aman-aman saja ternyata tak luput dari serangan virus! Hacker dapat memanfaatkan celah keamanan dari file PDF yang terinfeksi untuk membajak data yang ada di komputer tersebut. Celah keamanan ini terdapat di Adobe Reader dan Acrobat 9.2 serta versi sebelumnya.

Ancaman tersebut diketahui telah dimulai sejak 11 Desember 2009. Namun targetnya terbatas dan hanya menyerang target tertentu. Dalam beberapa minggu kedepan kemungkinan serangannya bisa lebih luas. Saat ini hanya 5 vendor antivirus yang sudah mampu mendeteksi ancaman ini, yaitu McAfee-GW-Edition, eSafe, NOD32, Antivir, dan Kaspersky. Sedangkan pihak Adobe baru akan mengeluarkan patch untuk ‘menambal’ celah keamanan tersebut pada 12 Januari 2010.

Sementara itu untuk mencegah hal yang buruk menimpa anda, lakukan langkah-langkah preventif berikut :

1. Disable JavaScript di Adobe Reader dan Adobe Acrobat.

Click: Edit -> Preferences -> JavaScript dan uncheck Enable Acrobat JavaScript


2. Hindari membuka file PDF langsung dari browser. Lebih baik anda download terlebih dahulu file PDF sebelum membukanya. Hal ini memberi kesempatan Anti Virus untuk menscan file tersebut sebelum didownload ke komputer anda.

3. Jangan sembarangan membuka file PDF dari internet ataupun email dari sumber yang tidak dikenal.

4. Anda bisa gunakan program alternatif lain untuk membuka file PDF.


Sumber : infogaptek.com

0 komentar:



Posting Komentar