ARTI PENTINGNYA ORGANISASI

Dilihat dari artinya Bimbingan Belajar merupakan proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki kemampuan lebih dalam banyak hal untuk diberikan kepada orang lain yang mana bertujuan agar orang lain dapat menemukan pengetahuan baru yang belum dimilikinya serta dapat diterapkan dalam kehidupannya.

Sesuai dengan judul proposal yang dibuat, yaitu “Rumah Belajar KITA”, dimana organisasi/lembaga yang kami dirikan ini termasuk ke dalam organisasi sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yang bertujuan agar para siswa yang memiliki permasalahan dalam belajarnya dapat segera memperoleh bantuan atau bimbingan dalam kegiatan belajar yang diperlukannya serta memberikan pendidikan dengan metode pembelajaran yang bersahabat dan menjangkau seluruh kalangan dengan menetapkan biaya pendidikan yang terjangkau namun tetap berkualitas.

Sesuai dengan namanya KITA yang memiliki arti :
K : KREATIF ,program pembelajaran dibuat secara kreatif mungkin misalkan dengan
mengadakan diskusi,remedial bagi yang mendapatkan nilai jelek,memberikan
latihan materi-materi yang sudah dibahas sesudah maupun sebelum berlangsungnya proses pembelajaran dan menyelesaikan soal-soal yang dianggap sulit dengan
cara-cara yang praktis.
I : INTENSIF , menyelenggarakan pendalaman materi bagi siswa-siswi yang akan
menghadapi ujian.
T : Tepat Sasaran, pembelajaran dilakukan dengan fokus dan tepat sasaran bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Selain itu juga membatasi kapasitas murid pada tiap-tiap kelas yaitu maksimal 8 siswa, demi tercapainya suasana pembelajaran yang efektif.
A : ASIK, suasana pembelajaran dibuat sesantai dan seasik mungkin misalkan dengan memberikan games yang berhubungan dengan materi yang diajarkan agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan dalam menerima materi.

Secara umum fungsi organisasi yaitu :
1. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik.

2. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi Kepramukaan, akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan ksatria.

3. Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi.

Berdasarkan kekuasaannya maupun bentuk struktur organisasinya, lembaga/organisasi ini termasuk kedalam organisasi lini dan staff, karena dalam pembagian kekuasannya pimpinan dibantu dengan para staff. Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas perintah atau nasehat tersebut.

Struktur organisasi ini sangat penting peranannya, karena :
1. Menggambarkan kedudukan/posisi seseorang dalam organisasi tersebut
2. Pembagian tugas,wewenang dan kekuasaan berdasarkan spesialisasi masing-masing anggotanya.
3. Mengatur hubungan masing-masing anggota dalam tingkatannya
4. Bagi karyawan bisa menjadi motivasi untuk bisa meraih jabatan yang lebih tinggi

2 komentar:



Anonim mengatakan...

thx.. ud bantu tugas kuliaku...

Bayu Ashari mengatakan...

alhamdulilah

Posting Komentar